Panduan Sukses Lolos SNMPTN

 

Admin Maukuliah.id

 

12 January 2021

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disebut SNMPTN, merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur undangan. Melalui jalur ini, pihak kampus memberikan kesempatan pada siswa untuk masuk PTN tanpa tes.

Eits, jangan senang dulu guys. Meskipun tanpa melalui tes, akan tetapi jalur SNMPTN ini menggunakan nilai rapor dan prestasi selama sekolah. Jadi kamu masih melewati proses seleksinya dari SNMPTN ini. 

Btw, pendaftaran jalur ini GRATIS gak dipungut biaya sepeserpun. Duh seneng banget kan! udah undangan, gratis biaya pendaftaran, gak perlu tes pula. Makanya kamu wajib mempersiapkan diri menuju pendaftaran SNMPTN.  

Penasaran kan apa saja yang wajib kamu ketahui dan siapkan selama persiapan SNMPTN ini? Yuk simak ulasan ini. 

Alur dan tata cara pendaftaran SNMPTN

  • Penginputan data nilai PDSS

Untuk bisa mendapatkan kesempatan jalur SNMPTN, kamu wajib melakukan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa. Nah disini nilai semester 1 sampai 5 kamu akan didata dan dilakukan verifikasi oleh pihak sekolah. Mata pelajaran yang dimasukkan dalam penilaian tersebut adalah mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional. 

Pada tahap ini, siswa dan guru wajib melakukan cross check data sebelum verifikasi sebelum data masuk dalam PDSS. Jika dirasa data yang dimasukkan sudah benar, langsung aja deh proses penginputan data segera dilakukan. 

  • Log in website

Setelah proses penginputan data beres, semua siswa yang sudah mendaftar akan diberikan password dari sekolah untuk login di laman SNMPTN ( https://web.snmptn.ac.id/). Nah, di halaman ini nanti kamu akan dianjurkan untuk melakukan perubahan password dulu. Setelah password diubah, kamu wajib melakukan proses verifikasi data serta nilai yang sudah kamu input terlebih dahulu. 

Pada proses verifikasi, kamu harus hati-hati ya guys! Jika tidak melakukan proses verifikasi, maka proses pendaftaran yang sudah kamu lakukan dianggap gugur. Duh jangan sampai kelewatan ya!

Untuk proses selanjutnya adalah menunggu kuota sekolah untuk mendaftar SNMPTN sesuai dengan akreditasi sekolah. Tahapan ini ditentukan dari tingginya akreditasi sekolahmu. Jadi, jika sekolahmu mendapatkan akreditas tinggi, maka semakin tinggi pula kesempatanmu mendapatkan kuota pendaftaran SNMPTN.

Nah, setelah proses itu selesai, nilai yang sudah kamu input pada PDSS tadi akan dilakukan perangkingan secara paralel oleh panitia pusat. Ini sekaligus menentukan apakah kamu masuk dalam kuota yang tersedia di sekolah kamu atau tidak. 

Jika kamu lolos dalam kuota sekolah dalam pendaftaran SNMPTN, maka kamu bisa langsung melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran, mengisi biodata, mengunggah foto, dan memilih PTN yang kamu tuju. 

Gak cuma data itu saja, kamu juga wajib melakukan pengisian portofolio (bagi yang memilih program seni atau olahraga) dan jangan lupa mengisi prestasi dengan mengunggah maksimal tiga sertifikat atau piagam yang kamu punya. 

  • Finalisasi data

Tahap akhirnya nih sob! Setelah melalui berbagai proses pendaftaran tersebut sekarang saatnya kamu melakukan finalisasi. Di tahap ini kamu diwajibkan untuk melakukan konfirmasi terkait data dan jurusan yang kamu pilih. Jika kamu tidak melakukan tahap finalisasi, maka pendaftaran kamu dianggap gugur. 

Langkah terakhir yang kamu lakukan adalah mencetak kartu peserta pendaftaran. Selebihnya kamu tinggal berdoa dan berserah semoga hasilnya sesuai dengan harapan. Oh iya, meskipun kamu sudah mengikuti pendaftaran SNMPTN ini, kamu wajib menyiapkan perang untuk SBMPTN.