Panduan Maukuliah Masuk Pendidikan Vokasi

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

Mengenal Lebih Dekat Sekolah Vokasi di Indonesia

Sekolah vokasi merupakan salah satu jenjang pendidikan tinggi yang bisa menjadi salah satu alternatif bagi para lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan studi. Berbeda dengan program sarjana, sekolah vokasi ini lebih mengedepankan praktikum dalam kegiatan belajar mengajar.

Sehingga bisa dibilang para lulusannya akan lebih banyak berpotensi untuk bekerja di ranah industri dengan baik. Tak hanya itu saja lho, lulusan sekolah vokasi juga dinilai lebih siap dan mantap ketika menghadapi dunia kerja.

Nah, dimana saja sih sekolah vokasi di Indonesia?

1. Politeknik

Politeknik merupakan sekolah tinggi yang menyediakan berbagai macam program studi dalam jenjang Diploma. Baik dalam program Diploma III hingga Diploma 4.

Kebanyakan politeknik di Indonesia lebih mengedepankan fokus terhadap dunia teknik. Namun, beberapa politeknik di Indonesia juga ada yang menyediakan ilmu ekonomi dalam program studinya. Lulusan dari Politeknik ini biasanya sudah memiliki bekal yang cukup dalam menghadapi dunia kerja. Sehingga, para lulusannya mampu bekerja sesuai dengan kebutuhan industri maupun perusahaan.

2. Politeknik Kesehatan

Nah, kalau politeknik kesehatan (Poltekkes) adalah politeknik di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Poltekkes merupakan sekolah vokasi yang bergerak di bidang kesehatan.

Sesuai dengan namanya, Poltekkes akan mencetak para tenaga kesehatan handal di Indonesia. Beberapa jurusan yang tersedia di Poltekkes antara lain Kebidanan, Keperawatan, Kesehatan Lingkungan, Teknobiomedik, hingga Keperawatan Gigi.

3. Sekolah Vokasi di berbagai Perguruan Tinggi

Berbagai sekolah vokasi juga tersedia di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Berbeda dengan Poltek dan Poltekkes, sekolah vokasi di perguruan tinggi ini memiliki berbagai macam program studi. Mulai dari bidang kesehatan, sosial ekonomi, hingga teknik.

Untuk kurikulumnya sendiri sebenarnya sama kok dengan poltek dan poltekkes. jadi , kamu tinggal pilih saja mau melanjutkan dimana.

Sekolah vokasi memang memiliki kompetensi kerja yang sangat tinggi. Sekolah ini memang mencetak para tenaga kerja yang luar biasa. Untuk itu, para lulusannya diharap bisa dan mampu bersaing di ranah kerja.

Jadi kamu mau pilih yang mana nih guys, sekolah vokasi atau program sarjana? Sebenarnya sama saja kok, tinggal kamu sesuaikan saja dengan passion kamu.