Beasiswa Luar Negeri

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

5 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Cocok Buat Kamu

Hola Sobat Maukuliah! Apa kabarnya nih? Hayo siapa disini yang kepengin studi ke luar negeri? Emang sih studi ke luar negeri adalah dambaan semua orang. Tak ayal, banyak sekali calon mahasiswa yang sudah menyiapkan jauh-jauh hari untuk studi ke luar negeri.

Sayangnya, studi di luar negeri selalu identik dengan biaya yang mahal. So, gak semua orang yakin untuk studi kesana. Nah, kabar gembira untuk kalian nih. Ternyata ada juga lho beasiswa yang ditujukan kepada siswa yang ingin melanjutkan sekolah S1 di luar negeri. Kira-kira beasiswa apa saja ya yang bisa di apply untuk studi ke luar negeri? Yuk simak ulasan berikut. 

1. Beasiswa Studi di Turki (Türkiye Scholarships)

Beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Turki ini ditujukan kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S1, S2, hingga S3 di Turki. Pelamar beasiswa hanya menggunakan formulir pendaftaran online yang disediakan oleh pihak penyelenggara.

Beasiswa ini diberikan dalam kurun waktu masa studi 4 hingga 6 tahun dengan tunjangan pendidikan 800- 1.600 TL (RP 1,5 juta hingga 3 juta) setiap bulannya. Gak cuma itu saja, mereka juga akan mendapatkan biaya perjalanan ke Turki, gratis kursus bahasa Turki sebelum perkuliahan, hingga mendapatkan bimbingan soft skill.   

2. Beasiswa Studi di Jepang (Mitsui-Bussan Full Scholarship)

Tawaran beasiswa juga datang dari Negara Sakura. Mitsui & Co. Ltd melakukan kerjasama dengan Kemendikbud RI. Beasiswa ini penuh mendanai kegiatan belajar mengajar siswa yang akan studi di Jepang. 

Pihak penyelenggara akan memberikan jangka waktu 5,5 tahun untuk menyelesaikan pendidikan di Jepang. Jadi, selama 1,5 tahun siswa terpilih akan diberikan kursus bahasa Jepang

3. Beasiswa Studi di Brunei Darussalam (Brunei Darussalam Government Scholarship)

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke Brunei Darussalam, beasiswa ini bisa jadi beasiswa impian kamu lho. Program ini dibuka bagi kamu yang ingin melanjutkan studi perkuliahan mulai dari jenjang diploma hingga magister. 

Gak cuma dapat beasiswa aja sobat, kamu juga akan mendapatkan tunjangan transportasi pesawat di akhir dan awal semester untuk pulang ke Indonesia. Lalu kamu juga bakal mendapatkan uang senilai BND$150.00 (sekitar Rp1,5 juta) per bulan dan tentunya uang buku BND$600.00 (sekitar Rp6,3 juta) per tahun. Oh iya, kamu juga bakal dapat asrama juga lho. 

4. Beasiswa Belanda (Orange Tulip Scholarship)

Siapa yang ingin melanjutkan studi ke Negeri Kincir Angin? Yaps, melalui beasiswa ini kamu bisa studi di Belanda. Beasiswa ini mewadahi kamu menuju kampus impian seperti Breda University, The Hague University, dan Nyenrode Business Universiteit.

Untuk lolos di beasiswa ini kamu harus mengikuti rangkaian seleksi dari Neso Indonesia. Di sini kamu akan diberikan laman pendaftaran dan rangkaian proses seleksi.  

5. Beasiswa Studi di Amerika (The AU Emerging Global Leader Scholarship)

Kesempatan emas untuk studi di Amerika kini terbuka lebar. Beasiswa AU EGL bisa menjadi pintung terang buat kamu. Program ini akan memberikan seluruh biaya studi di America University. Seperti biaya perkuliahan, kamar/tempat tinggal dan akomodasi. 

Sayangnya, beasiswa ini tidak mencakup biaya asuransi kesehatan, buku, sampai  tiket pesawat. Namun, kamu masih bisa mencari alternatif sumber pendanaan lain, seperti program Partial Merit Scholarships. 

Jadi gitu guys beasiswa yang bisa kamu ambil untuk studi di luar negeri. Selain dapat ilmu di negeri orang, kamu juga bakal mendapatkan benefit yang luar biasa. Nah, yang kepingin belajar di luar negeri, mulai sekarang coba deh cari informasi lebih lanjut melalui maukuliah.id