Panduan Maukuliah Masuk Kedinasan

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

Lebih Dekat dengan Sekolah Kedinasan Impian

Sekolah kedinasan bisa dibilang sih sekolah dambaan setiap orangtua di Indonesia. Eits, jangan salah guys. Ternyata banyak siswa di Indonesia yang benar-benar terpikat oleh sekolah ini lho.

Sekolah kedinasan dinilai dapat menghantarkan mahasiswanya menuju masa depan yang cerah. Makanya, banyak sekali yang ingin masuk disini.

Btw, masuk di sekolah ini gak gampang lho guys. Karena banyaknya peminat, sehingga peluangnya sangat kecil. So,kamu harus berjuang semaksimal mungkin.

Sekolah Kedinasan di Indonesia itu dimana aja sih?

1. Institut Pertahanan Dalam Negeri

IPDN atau kepanjangan dari Institut Pertahanan Dalam Negeri, merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri. Kampus ini terletak di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Kampus ini sangat mengedepankan nilai-nilai aspek kejujuran, psikologis, dan kemampuan yang efektif untuk mengabdi pada negeri.

Lulusan dari IPDN kebanyakan akan menjadi seorang lurah, camat, hingga PNS di seluruh wilayah di Indonesia. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan sekolah ini, kamu bisa mencari informasi melalui https://spcp.ipdn.ac.id/.

2. Politeknik Siber Sandi Negara

Politeknik Siber Sandi Negara merupakan sekolah kedinasan yang memiliki concern terhadap bidang profesionalitas keamanan dan informasi. Mahasiswa di kampus ini akan dididik dengan mengedepankan keamanan persandian di wilayah Indonesia.

Kampusnya terletak di wilayah Bogor Jawa Barat. Nah, sekolah kedinasan ini merupakan salah satu sekolah kedinasan terbaik di Indonesia. Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan di kampus ini, langsunga aja cek berkala pada  https://poltekssn.ac.id/.

3. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Keimigrasian (Poltekim).

Kementerian Hukum dan HAM ternyata juga memiliki sekolah kedinasan. Sekolah tersebut yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Keimigrasian (Poltekim). Pada Politeknik Ilmu Pemasyarakatan merupakan sekolah kedinasan yang fokus terhadap teknis pemasyarakatan di Indonesia. Mahasiswa dalam sekolah ini akan menyelesaikan pendidikan selama empat tahun. Nah, lulusannya akan berkontribusi di berbagai lingkup pemasyarakatan di Indonesia.

Sedangkan Politeknik Keimigrasian merupakan sekolah kedinasan yang menekuni ilmu keimigrasian. Seperti halnya sekolah kedinasan yang Poltekip, mahasiswa Poltekim juga akan menghabiskan waktu selama 4 tahun untuk menyelesaikan studinya. Untuk informasi kedua sekolah kedinasan ini bisa kamu cari di https://www.kemenkumham.go.id/.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Badan Intelijen Negara juga memiliki sekolah kedinasan lho. Sekolah kedinasan ini biasa dikenal sebagai Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN). Sekolah yang terletak di Bogor, Jawa Barat ini merupakan sekolah kedinasan yang sangat fokus terhadap pengembangan dan penelitian di masyarakat. Sehingga lulusannya akan siap dan mampu menganalisis berbagai hal di bidang intelijen.

Prospek kerjanya juga tak diragukan lagi lho guys. Lulusannya akan langsung diterima menjadi PNS di Indonesia. Nah, jika kamu tertarik dengan sekolah kedinasan ini, langsung saja kunjungi https://stin.ac.id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

5. Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS adalah sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Selama menjalani perkuliahan, mahasiswa Poltek Statistik STIS akan mendalami perkuliahan seputar statistik.

Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan melatih mahasiswanya agar siap berkecimpung di bidang statistik ini. Lulusannya akan mendapatkan kesempatan menjadi pegawai negeri sipil di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, langsung saja kunjungi https://stis.ac.id/.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Menjadi salah satu sekolah kedinasan di Indonesia, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sangat mengedepankan keterampilan dan kecakapan mahasiswanya. Sekolah kedinasan ini dibentuk agar dapat mencetak lulusan yang sangat berkompeten di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika.

Para lulusan yang sangat berkompeten ini, sangat dibutuhkan agar bisa meningkatkan sumber daya manusia terbaik di Indonesia. Terutama di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Lulusan dari sekolah kedinasan ini biasanya akan bekerja di lingkup BMKG. Penasaran ya? Langsung aja deh kunjungi https://stmkg.ac.id/.

7. Poltek STAN

Sekolah kedinasan idaman sejuta umat nih. Yaps, Politeknik Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Bisa dibilang, para mahasiswa STAN akan berkecimpung di bidang keuangan. Ternyata mereka gak hanya belajar keuangan saja lho. Tapi juga mempelajari seputar bea dan cukai hingga kebendaharaan negara.

Nah, lulusan dari STAN ini akan mendapatkan kesempatan menjadi abdi negara di seluruh wilayah Indonesia. Nah, kalau ingin masuk di STAN kamu bisa kunjungi http://www.pknstan.ac.id/.

8. Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)

Sekolah tinggi di bawah Kementerian Perhubungan ini memiliki fokus dalam penyelenggaraan dalam bidang transportasi darat. Dalam sekolah kedinasan ini, mahasiswanya akan mempelajari lebih dalam mengenai seluruh transportasi darat di Indonesia.

Kampus yang terletak di Bekasi, Jawa Barat ini akan mencetak para SDM hebat di bidang transportasi darat. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kamu bisa kunjungi https://ptdisttd.ac.id/.

9. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI)

Siapa yang ingin bekerja di bidang penerbangan? Yaps, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) bisa menjadi salah satu pilihan kamu. Sekolah yang terletak di Curug, Tangerang, Banten ini akan mengasah kemampuan mahasiswanya dalam bidang penerbangan.

Lulusannya akan banyak berkecimpung di berbagai perusahaan dan maskapai di Indonesia. Wah, keren banget ya. Oh iya, kalau ingin masuk di sini, kamu bisa kepoin https://ppicurug.ac.id/.

Bagaimana prospek kerjanya?

Wah, gak usah ditanya lagi sob. Lulusan dari sekolah kedinasan itu langsung dapat pekerjaan sesuai dengan bidang. Ibarat kata nih, mereka gak usah bingung lagi untuk mendapatkan info lowongan kerja.

Tapi perlu diingat guys, kalau kuliah di sekolah kedinasan ini memang tidak semudah itu. Kamu memerlukan disiplin dan belajar yang giat agar bisa bersaing dalam sekolah ini.

 

To sum up, bisa dibilang sekolah kedinasan di Indonesia merupakan sekolah kedinasan yang sangat berpotensi bagi para lulusan SMA. Tapi, kamu juga harus mempertimbangkan dengan kemampuan dan keinginan kamu ya.

Nah, bagi yang udah kepincut sama sekolah kedinasan di Indonesia, tetap semangat ya. Semoga dengan masuk di sekolah kedinasan ini menjadi awal yang baik untuk masa depan kamu.