Panduan Beasiswa

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

Beasiswa Andalan Menuju Kampus Impian 

Sadar gak sih guys, kalau sampai detik ini masih banyak yang berpikir jika kuliah selalu identik dengan biaya mahal dan hanya untuk kalangan mampu saja. Sebenarnya anggapan itu keliru lho. Mendapatkan kesempatan berkuliah adalah hak setiap anak. Jadi gak ada alasan untuk tidak melanjutkan studi ke bangku kuliah. 

Tahukah kamu? Jika di perguruan tinggi banyak banget beasiswa yang bisa kamu gunakan. Baik beasiswa untuk yang kurang beruntung atau beasiswa prestasi gitu. So, kamu gak usah takut untuk menggapai mimpi duduk di bangku kuliah. Kira-kira beasiswa apa saja sih yang ada di lingkup kuliah? Yuk simak bahasan ini ya. 

1. Beasiswa Bidikmisi

Beasiswa bidikmisi adalah beasiswa yang dicanangkan pemerintah Indonesia dan diperuntukkan bagi kalangan kurang mampu. Nah, untuk mendapatkan beasiswa ini kamu akan mulai didata dari awal mendaftar perkuliahan. Di sini, tidak hanya segi ekonomi kamu saja yang akan dilihat, namun juga dari nilai akademik kamu. 

Selama mendapatkan beasiswa ini, kamu tidak akan dikenakan biaya uang kuliah. Kamu justru akan mendapatkan subsidi sebesar Rp 650 ribu setiap bulannya. Wah, bener-bener sangat membantu ya. 

Baca juga: 10 Tempat Mencari Informasi Beasiswa yang Akurat

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik atau biasa dikenal sebagai beasiswa PPA. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki record akademik bagus.

Untuk mendaftarkan beasiswa ini kamu harus terdaftar aktif menjadi mahasiswa program Sarjana atau Diploma dengan minimal IPK 3,00. Syarat lain yang ditentukan yaitu mahasiswa tersebut harus minimal duduk di semester II dan maksimal duduk di semester VI. Saat mendaftarkan beasiswa ini kamu bisa banget lho melampirkan prestasi kamu, itu bisa jadi poin plus sebagai penilaiannya.

3. Beasiswa Perusahaan atau Instansi

Jadi guys, di beberapa perguruan tinggi itu biasanya mendapatkan kesempatan kerjasama dengan beasiswa dari beberapa perusahaan besar atau instansi di Indonesia. Beasiswa itu seperti Beasiswa Djarum, Beasiswa Bank Indonesia,dan beasiswa lainnya. 

Ketentuan dari beasiswa ini biasanya berbeda. Tergantung persyaratan yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Gak cuma itu saja, waktu pendaftarannya juga bisa dibilang bervariatif. Tapi yang terpenting kamu harus rajin-rajin aja mencari informasi terkait beasiswa tersebut. 

4. Beasiswa Foundation

Gak cuma perusahaan aja lho yang ngasih beasiswa. Beberapa foundation di dalam maupun luar negeri biasanya juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa. Beasiswa ini biasanya diperuntukkan untuk kalangan kurang mampu. 

Namun tak menutup kemungkinan, ada juga beberapa beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi. Beasiswa tersebut antara lain Beasiswa Hasri Ainun Habibie, Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia, dan masih banyak beasiswa lainnya. 

Baca juga: Gak Sulit kok! Inilah 5 Cara Jitu Mendapatkan Beasiswa S1

5. Beasiswa Prestasi 

Yaps, bagi kamu yang memiliki suatu skill dan prestasi nyata, ternyata ada juga lho beasiswa yang disediakan buat kamu. Beberapa beasiswa yang biasa disediakan antara lain beasiswa atlet, beasiswa hafiz Al Quran, dan masih banyak beasiswa lain.

Biasanya, beasiswa ini disediakan oleh kampus penyelenggara. Sehingga, sebagai calon mahasiswa yang baik, kamu wajib mencari informasinya ya. 

Adanya beasiswa-beasiswa tersebut bisa mematahkan persepsi kalau kuliah itu selalu butuh biaya mahal. Jadi, selagi kita masih punya niat dan semangat semuanya pasti bisa menjadi suatu kenyataan kok sobat. So, tetap berusaha dan jangan lupa berdoa! Semangat Sobat!

Langkah Tepat Mendapatkan Beasiswa 

Hi sobat maukuliah! Kita mau ngasih info ke kamu soal beasiswa kuliah nih. Woho! Pasti pada gak sabar ya. Nah, seperti yang kita ketahui, beasiswa merupakan suatu kesempatan yang diperuntukkan oleh pelajar dan mahasiswa di seluruh negeri. 

Beasiswa ini bisa kamu manfaatkan bagi kamu yang memiliki segudang prestasi. Tapi bukan berarti beasiswa ini langsung datang begitu saja ya! Kamu juga perlu effort yang besar untuk mendapatkan beasiswa ini. Salah satu effort yang bisa kamu siapkan adalah mengumpulkan informasi seputar beasiswa ini. 

Jika kamu masih meraba-raba gimana cara mendapatkan beasiswa ini, coba deh lakukan beberapa langkah berikut ini. 

1. Mencari pusat informasi beasiswa

Untuk mendapatkan beasiswa, mulai sekarang coba deh kamu sering cek pengumuman atau informasi di berbagai tempat. Dengan demikian, kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar beasiswa tersebut. Lalu, dimana saja kamu bisa melakukan checking informasi tersebut?

  • Bagian Bimbingan Konseling

Bagi kamu yang masih duduk di bangku SMA, pengumuman seputar beasiswa perguruan tinggi bisa kamu dapatkan melalui sini. Di sini guru BK akan membantumu mendapatkan informasi seputar beasiswa. Baik dari beasiswa pemerintah, instansi, sampai beasiswa perusahaan ternama. 

  • Akademik Kampus

Kalau kamu sudah masuk sebagai seorang mahasiswa, cara ini bisa kamu manfaatkan lho. Jadi, kamu bisa secara rutin melakukan cek beasiswa di bagian akademik kampus. Biasanya sih akan diarahkan ke bagian akademik fakultas.

Nah, di sini nih kamu akan mendapatkan informasi tentang beasiswa yang bekerja sama dengan kampus kamu. Yang terpenting adalah kamu harus tetap semangat ya untuk mendapatkan informasi ini. 

  • Website kedutaan atau perusahaan

Beasiswa biasanya juga dipublikasikan melalui beberapa website kedutaan atau perusahaan penyelenggara beasiswa. Beasiswa ini biasanya gak hanya untuk studi dalam negeri saja lho. Tapi juga beasiswa dari luar negeri. Uh, menarik ya. 

Kalau kamu mau dapatkan beasiswa ini kamu harus rajin untuk mengecek website tersebut ya. Dengan demikian kamu bisa tuh mendapatkan informasi beasiswa secara detail melalui website ini. Jangan sampai ketinggalan ya. 

  • Papan informasi kampus

Selain dari pihak akademik, pengumuman beasiswa biasanya juga diumumkan melalui papan informasi kampus. Meskipun kini papan informasi jarang banget untuk digunakan, namun ini menjadi satu langkah yang strategis lho. So, gak ada salahnya kan cari informasi lewat sini. Siapa tau jodoh kan sama beasiswanya. hehe

  • Sosial Media

Kini, sosial media sudah menjadi tombak untuk mendapatkan informasi. Salah satunya dapatkan informasi beasiswa nih guys. Untuk itu, kamu bisa banget follow akun-akun penyedia jasa beasiswa. Kalau kamu update terus seputar beasiswa ini, gak bakalan deh kamu ketinggalan informasi. 

  • Pameran pendidikan

Pameran pendidikan merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat informasi. Biasanya sih pameran pendidikan bakal memberikan layanan informasi beasiswa buat kamu untuk melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi guys. 

Oh iya, melalui pameran pendidikan ini kamu bakal mendapatkan informasi yang super worthy. Karena kamu bakal mendapatkan informasi langsung dan terpercaya dari yang sudah berpengalaman. 

2. Mengetahui langkah pendaftaran

Kalau sudah dapat informasi detail mengenai beasiswa yang jadi incaran mu, kini lakukan observasi langkah pendaftaran beasiswa tersebut. Ini diharapkan agar kamu gak sembarangan melakukan pendaftaran. 

Makanya, kamu wajib untuk melakukan cross check persyaratan sebelum mendaftar ya. Jangan sampai kamu sudah melakukan pendaftaran, eh malah kamu salah dan berakhir gak lolos kualifikasi. Jadi guys, lakukan langkah-langkah ini sebelum kamu daftar beasiswa. 

  • Kenali kualifikasi beasiswa

Seperti halnya melakukan pdkt, kamu juga perlu banget melakukan pengenalan dengan kualifikasi beasiswa. Mengenali kualifikasi beasiswa sama artinya mengenali dirimu apakah kamu layak dan pantas untuk mendapatkan beasiswa ini. 

Oh iya, kamu juga wajib untuk mengukur kemampuanmu sebelum mendaftar beasiswa ini. Jadi, sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki ya. 

  • Pahami persyaratannya

Namanya juga melakukan pendaftaran, pasti diikuti dengan persyaratan yang ada. Makanya kamu wajib banget untuk memahami persyaratan pendaftaran ini. 

Sebagai calon penerima beasiswa, kamu harus mulai mengumpulkan persyaratan yang ada. 

  • Tanyakan ke pihak terkait

Jika terjadi suatu kesalahan informasi atau kejadian yang tak diinginkan, kamu wajib untuk menanyakannya ke pihak terkait. Ini diharapkan mampu meminimalisir kesalahan yang terjadi guys. Apabila terjadi suatu kendala bisa teratasi dengan baik dan cepat. 

  • Diskusikan dengan yang lebih berpengalaman

Sebelum melakukan pendaftaran, bisa banget tuh kamu melakukan sharing atau diskusi dengan yang lebih berpengalaman. Melakukan diskusi sama saja dengan mempelajari pengalaman yang sudah pernah dilalui. 

Nah, kamu bisa belajar dari pengalaman tersebut guys. Nantinya pengalaman tersebut bisa kamu implementasikan ke dirimu sendiri. Jadi, kamu gak boleh malu-malu untuk bertanya ya. 

Jadi gimana nih sobat? Sudah siap dapatkan beasiswa? Nah, biar makin mantap dan lolos nih siapkan saja ketentuan yang berlaku. Yang terpenting tetap semangat dan selalu belajar. Good luck!