Panduan Maukuliah Masuk PTS

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

Jalur Masuk PTS Ada Apa Saja ya?

Sobat Maukuliah, kalian tau gak sih kalau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ternyata punya jalur seleksi masuk? Seperti halnya Perguruan Tinggi Negeri (PTN), PTS juga punya jalur seleksi khusus buat calon mahasiswa baru. 

Nah, biasanya sih jalur masuk PTS juga terdiri dari beberapa seleksi masuk. Penasaran gak sih, apa saja jalur seleksi masuk ke PTS ini? Let’s Check it out!

1. Jalur Prestasi

Selayaknya PTN, jalur masuk PTS juga ada yang menggunakan sistem tanpa tes. Beberapa kampus mengadakan seleksi tanpa tes terhadap calon mahasiswa. Dalam seleksi ini nih pihak kampus bakal melihat nilai rapor kamu selama bersekolah. Maknaya, jalur ini disebut sebagai jalur prestasi.

Gak hanya itu saja guys, ketika kamu masuk di jalur ini biasanya pihak kampus juga memberikan biaya potongan bagi mahasiswa lho. Kan lumayan tuh kalau selama SMA kamu dapat nilai bagus, pas kuliah dapat potongan biaya. Hm, siapa sih yang gak mau?

2. Jalur Ujian Tulis

Setelah jalur prestasi, kali ini kita akan mengulas jalur ujian tulis. Lhoh? Di PTS ada jalur ujian tulis juga? Ada dong! Jadi gini sobat, jalur ini biasanya diadakan setelah usai jalur prestasi. 

Kebanyakan dari PTS akan mengadakan tes yang wajib diikuti oleh calon mahasiswa. Tes tersebut seperti tes Tes Potensi Akademik (TPA), Matematika, dan tes kemampuan Bahasa. Gak hanya itu aja, beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan-jurusan tertentu juga meminta calon mahasiswa untuk melakukan tes keterampilan. Seperti tes keterampilan menggambar dan design. Jadi siap-siapa aja ya! Do the best!

Setelah melalui beberapa tahap seleksi tersebut, biasanya di akhir penentuan kamu akan dianjurkan untuk mengikuti seleksi wawancara. Kenapa sih dengan seleksi wawancara? Jadi gini guys, seleksi wawancara merupakan suatu tahap dimana kamu ditentukan apakah kamu layak untuk menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Pada seleksi ini akan diukur kesungguhan kamu dalam berkuliah. 

Jadi gitu guys, rangkaian seleksi yang dilakukan oleh PTS di Indonesia. Masing-masing PTS pasti punya kriteria tersendiri dalam melakukan seleksi tersebut.  Makanya kamu harus serius ketika menghadapi tes tersebut. Semangat ya!

***

5 Kunci Memilih PTS yang Tepat

Perguruan Tinggi Negeri memang sering menjadi incaran para calon mahasiswa di luar sana. Tapi siapa sangka, Perguruan Tinggi Swasta sebenarnya juga punya kualitas yang gak kalah bagus dengan PTN, lho. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. So, kamu pasti akan tetap berkembang kok meskipun kamu kuliah di PTS. Tinggal pandai-pandainya aja kamu ngatur dirimu sendiri. 

Nah, sekarang kita bakal ngasih tau kamu nih gimana cara milih PTS yang tepat. Apa saja yang harus kamu perhatikan? Cek penjelasan berikut ini ya!

5 Kunci Memilih PTS yang tepat

1. Akreditasi Kampus dan Program Studi

Memilih perguruan tinggi memang gak bisa asal-asalan guys! Kamu kudu teliti sebelum masuk ke perguruan tinggi tersebut. Jangan sampai kamu salah pilih masuk perguruan tinggi tersebut. Duh! Amit-amit!

Dua hal yang harus kamu perhatikan ketika memilih perguruan tinggi adalah cek akreditasi kampus dan program studi yang akan kamu pilih. Akreditasi dan program studi akan berpengaruh terhadap masa depanmu dalam memilih pekerjaan. So, kamu harus hati-hati ya! Untuk melihat akreditasi kampus tersebut, kamu bisa melakukan pengecekan melalui data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di laman https://banpt.or.id/

2. Peringkat Kampus

Selain akreditasi, kamu wajib cek peringkat kampus yang akan kamu tuju. Dengan mengetahui peringkat kampus, maka akan mempermudah kamu dalam meraih goal di masa mendatang. 

Memang, banyak calon mahasiswa yang masih menyepelekan peringkat kampus ini. Padahal, kalau kamu ingin melanjutkan S2 di luar negeri maupun dalam negeri, peringkat ini sangat berpengaruh buat kamu, lho. 

Nah, untuk mengecek peringkat kampus tersebut, kamu bisa melihatnya di peringkat nasional maupun internasional. Seperti Kemenristekdikti, Webometrics, QS World University Rankings, 4ICU dan lainnya. 

3. Lokasi Kampus

Memilih PTS juga harus diperhatikan lokasinya. Pilihlah PTS dengan kualitas baik yang berlokasi dekat dengan rumah kamu. Dengan demikian kamu bisa meminimalisir pengeluaran transport dan uang kos.

Namun, jika kamu ingin studi di PTS yang berada di luar kota, pastikan kamu siap dengan pengeluaran yang harus keluarkan selama studi. 

4. Biaya Kuliah

Banyak yang bilang, biaya kuliah di PTS lebih besar daripada di PTN. Sebenarnya biaya tersebut sesuai dengan fasilitas yang diberikan oleh PTS tersebut. Maka dari itu, ketika memilih PTS, wajib hukumnya untuk menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing ya. Jangan sampai kamu memaksakan untuk membayar kuliah di atas kemampuan kamu. 

5. Histori Alumni

Selain itu, peran alumni setelah lulus juga harus kamu perhatikan. Jika kampus yang kamu pilih mencetak banyak alumni berpengaruh, maka kampus tersebut bisa kamu jadikan kampus masa depanmu.

Peran alumni ini sangat penting sekali buat kamu sebagai jalur networking ketika lulus nanti. Sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan atau channel ketika lulus dari kampus tersebut. 

***

Tips Sukses Masuk PTS

Siapa bilang masuk Perguruan Tinggi Swasta gak butuh effort? Duh! Salah Sob! Masuk PTS juga masih butuh seleksi ketat saat masuk. Terlebih kampus tujuanmu adalah PTS favorit. Wah! Pasti banyak banget saingannya guys. 

Biar kamu lancar jaya masuk ke PTS impianmu, yuk ikuti tips sukses ala Maukuliah.id. Apa saja tipsnya? Simak dulu ulasan ini. 

1. Daftar lebih awal

Pendaftaran kampus PTS biasanya terdiri dari beberapa gelombang. Untuk mengantisipasi keterlambatan daftar, better segera daftarkan dirimu di awal pembukaan pendaftaran. Ini bertujuan agar saingan masuk tidak banyak. Jadi chance kamu diterima lumayan tinggi. 

2. Cari tahu jenis tes yang diadakan

Sudah kita bahas dari awal ya guys, kalau mau masuk kampus jangan asal-asalan. Makanya, sebelum tes kamu kudu cari tahu tes yang akan diujikan tersebut. 

3. Jalani tes dengan serius

Namanya juga mau masuk kuliah, pasti kamu perlu persiapan. Nah, ketika kamu mendaftarkan diri di PTS idamanmu, hendaknya lakukan persiapan sebelum kamu mengikuti rangkaian tes tersebut. Kalau sudah begitu, dijamin deh ujianmu lancar. 

4. Jalani tes wawancara dengan persiapan matang

Meskipun tes wawancara, kamu gak bisa menganggap ini hal sepele lo. Mengikuti tes wawancara perlu tips dan trik biar kamu lolos di tahap ini. So, kamu kudu sering-sering latihan dan cari pertanyaan seputar wawancara sebelum tes. 

5. Update informasi berkala

Nah, biar makin mantap nih kamu kudu cek informasi seputar pendaftaran secara berkala. Tujuannya biar kamu gak ketinggalan informasi seputar pendaftaran PTS tersebut.

Yaps, itulah tips jitu yang bisa kamu aplikasikan kalau mau sukses masuk PTS idaman. Semua butuh usaha dan semangat biar hasilnya optimal.