Kegiatan Organisasi Mahasiswa

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

5 Kegiatan Mahasiswa yang Wajib Kamu Tau

Wah, yang udah mau kuliah. Udah siap ikut kegiatan apa aja sih kalian? Haha. Duduk di perguruan tinggi membuat kalian akan lebih mudah dan lebih dekat dengan yang namanya organisasi. Organisasi di kampus itu banyak banget  lho. 

Kamu harus pintar-pintar dan selektif agar kamu tidak terpengaruh oleh organisasi yang membawa dampak kurang baik. Untuk warming up nih, kita bakal ngasih tau kamu seputar organisasi dan kegiatan mahasiswa di kampu. Ada apa saja sih? Yuk simak ulasan berikut ini. 

1. Badan Eksekutif Mahasiswa

Badan Eksekutif Mahasiswa atau lebih beken disebut BEM. BEM ini biasanya terdiri dari dua level guys. BEM Universitas dan BEM Fakultas.

Ketua BEM Universitas biasanya dipilih langsung oleh seluruh struktur kampus. Kebanyakan dari mereka akan berkontribusi penuh dalam seluruh kegiatan kampus. Sedangkan BEM Fakultas akan membawahi seluruh kegiatan di lingkup fakultas. Ketua BEM Fakultas akan dipilih melalui sistem voting oleh seluruh mahasiswa di fakultas tersebut. 

2. Unit Kegiatan Mahasiswa

Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM, merupakan wadah berorganisasi sekaligus mengembangkan bakat dan minat mahasiswa. UKM terdiri dari kegiatan seni, budaya, agama, hingga kegiatan keolahragaan. UKM ini akan diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai jurusan di kampus tersebut. 

Jadi buat kamu yang ingin mengembangkan minat dan bakatmu, coba deh ikuti UKM ini. Selain ilmu yang tersalurkan, kamu juga akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. 

3. Himpunan Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa atau biasa dikenal sebagai HIMA. HIMA merupakan suatu organisasi tingkat jurusan. HIMA berdiri di bawah naungan BEM Fakultas. 

HIMA sangat berkontribusi untuk seluruh kegiatan mahasiswa di dalam jurusan. Sehingga mereka akan ikut serta membantu BEM dalam menjalankan kegiatan kemahasiswaan. Sementara itu, ketua HIMA akan dipilih langsung oleh seluruh mahasiswa di dalam satu jurusan. 

4. Komunitas Mahasiswa

Komunitas mahasiswa ini biasanya diadakan oleh beberapa mahasiswa yang terdiri dari satu daerah, satu fakultas, maupun satu jurusan. Kegiatan yang diadakan biasanya tak jauh seperti kegiatan UKM. Namun, dalam kegiatan fakultas ini cenderung memiliki formasi yang lebih kecil.

Beberapa kegiatan yang diadakan seperti halnya bakti sosial, tryout SBMPTN, komunitas basket, hingga komunitas tari. Yang terpenting, kamu jangan sampai salah memilih komunitas ya! Be smart guys!

5. Kepanitiaan Acara Kampus

Setiap tahunnya, kampus pasti mengadakan berbagai macam acara. Mulai dari tingkat jurusan hingga tingkat universitas. Nah, untuk menjalankan kegiatan tersebut biasanya selalu mengadakan open recruitment kepanitiaan. 

Acara seperti ini bisa kamu manfaatkan agar kamu bisa lebih aktif saat menjadi mahasiswa.  Nah, kamu bisa tuh join di kegiatan ini. 

Jadi gimana nih guys, seru banget gak sih jadi mahasiswa? Selain mendapatkan insight baru, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang gak ternilai. So, jangan takut ikut kegiatan kampus ya! Yang terpenting kamu bisa atur waktu pasti semuanya aman kok. Good Luck ya guys!