Kehidupan Mahasiswa

 

Admin Maukuliah.id

 

07 January 2021

5 Kehidupan Mahasiswa yang Wajib Kamu Tahu

Proses seleksi masuk perguruan tinggi semakin dekat nih guys. Artinya kamu yang sekarang duduk di kelas 12 bentar lagi udah kuliah. Asiikk! Ngomong-ngomong nih guys, kehidupan mahasiswa ternyata sedikit berbeda dengan SMA.

 Ketika menapaki bangku kuliah, kamu sudah harus bisa mandiri, mulai dari segi cara berpikir, cara belajar, hingga problem solving. Nah, biar kamu tambah siap nih berikut adalah kehidupan mahasiswa yang wajib kamu ketahui. Yuk simak!

1. Jadwal kuliah padat

Kalau di FTV atau film sih kehidupan kuliah benar-benar kehidupan yang sangat diimpikan semua orang. Gak perlu pakai seragam saat sekolah, jam kuliah gak kayak jaman SMA, dan tentunya happy bareng teman. Eittss, ketahuilah itu hanya ilusi belaka guys!

Menjadi seorang mahasiswa, kamu akan dihadapkan dengan jadwal kuliah yang super padat. Belum lagi bagi mahasiswa yang ada kuliah praktikum. Waktumu bakalan terkuras habis dengan kegiatan kuliahmu. So, siapkan dirimu sebelum perkuliahan dimulai. 

2. Kamu harus belajar dewasa

Berada di usia menuju dewasa, kamu harus mulai bisa membentuk karakter diri sendiri. Dengan selalu belajar dari suatu pengalaman, maka kamu akan mulai memahami bagaimana harus bertindak dan berperilaku di lingkungan sekitar. 

Nah, ketika melalui proses inilah kamu akan siap menghadapi dunia kerja. Bisa dipastikan kamu akan mulai terbiasa dengan segala sesuatu yang terjadi di kehidupanmu kelak. 

3. Dituntut berpikir kritis dan belajar mandiri

Yapss, menjadi seorang mahasiswa kamu akan dituntut untuk belajar berpikir kritis dan belajar mandiri. Gimana nggak, ketika menghadapi perkuliahan kamu akan dituntut mandiri dalam belajar. Dosen tidak akan menuntunmu dalam proses belajar mengajar seperti jaman SMA. 

Disinilah kamu akan dituntut untuk belajar kritis dan belajar dewasa dalam mengampu seluruh mata kuliah yang ada. Jadi, kamu harus rajin-rajin untuk mencari informasi terkait mata kuliah yang sedang kamu pelajari tersebut. 

4. Mengasah skill

Berada di dunia kampus, bukan semata-mata kamu bebas bahkan doing nothing. Sebagai mahasiswa yang baik, kamu bisa mencoba untuk mengasah skill yang kamu miliki. Baik kemampuan dalam bidang akademik maupun non akademik. 

Di kampus misalnya, kamu bisa mengikuti kegiatan organisasi yang ada. Ini akan membantumu mengasah skill kemampuanmu dalam bidang organisasi. Nah, kemampuan ini bisa kamu manfaatkan ketika kamu lulus nanti sobat. 

5. Belajar menentukan karir impian

Belajar di bangku perkuliahan merupakan salah satu gerbang menuju karir masa depanmu. Ketika kamu berkuliah dan menekuni ilmu yang kamu miliki, maka akan membantumu dalam menentukan karirmu. 

Di sini waktunya kamu harus benar-benar serius dalam menjalani masa perkuliahan. Dengan demikian, ketika lulus kamu akan dengan mudah menentukan karir impianmu seperti apa. 

Guys, itu tadi adalah 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum menapaki dunia perkuliahan. Kuliah sebenarnya gak berat kok. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kamu menyikapi dan menyiapkan segala hal tentang perkuliahan tersebut. Good luck ya sobat!

 ***

Anti Worry! Ini Dia 5 Tips Kehidupan Mahasiswa di Tanah Rantau

Halo sobat maukuliah, gimana nih kabarnya? Oh iya, tahun ajaran baru semakin dekat nih guys. Jadi kamu harus siap kalau kamu keterima di luar kota. Kamu harus bersiap dengan segala resiko yang sudah ada.

Yah yang namanya rantau, pasti jauh dari orangtua, teman SMA, bahkan jauh dari pacar (hehe). Eitsss, jangan ragu atau bimbang dulu, kehidupan rantau gak seburuk yang kamu kira kok. Di sini kamu bakal belajar banyak hal. So, apa saja sih yang harus disiapkan oleh mahasiswa rantau? Let’s check it out!

1. Siapkan mental

Meskipun kamu jauh di tanah rantau, jangan sampai bikin mental kamu down. Duh, amit-amit deh! Justru ketika kamu sedang menjadi mahasiswa rantau sudah selayaknya kamu siapkan mental. Caranya dengan selalu sharing dan diskusi dengan teman seperjuangan. Nah disini nih kamu bakal dapat insight yang notabene akan menyiapkan mental kamu. 

2. Tata kelola keuangan 

Jauh dari orangtua dan keluarga tidak serta merta membuatmu jadi mendadak hedon dan boros. No! Never do it! 

Berada di tempat rantau, kamu wajib bisa mengatur keuanganmu sendiri. Sehingga jika ada sesuatu hal yang urgent bisa kamu gunakan uang simpanan kamu tersebut. 

3. Selalu komunikasi dengan orangtua dan keluarga

Jauh bukan berarti tidak komunikasi dengan orangtua. Jauh dengan orangtua dan keluarga justru mengharuskan kamu untuk selalu melakukan komunikasi intens dengan orangtua. Sehingga orangtua dan keluarga tidak terlalu khawatir dengan kamu. 

4. Selalu open minded

Berada di lingkungan baru, tak selayaknya membuatmu tetap diam dan tak berkembang. Di sinilah kamu harus bisa open minded dengan hal-hal baru yang ada di sekitarmu. Dengan demikian, selama kamu di tanah rantau akan belajar banyak hal yang belum pernah kamu dapatkan sebelumnya. 

5. Jaga kesehatan dengan baik

Permasalahan terbesar anak rantau adalah sakit maag dan tidak menjaga kesehatan dengan baik. Meskipun kamu tidak mendapatkan perhatian penuh seperti jaman SMA, namun kamu wajib menjaga kesehatan dirimu sendiri. Gak ada salahnya kan? Toh kalau kamu sehat pasti kuliah kamu juga akan berjalan lancar.

Nah, itulah kelima hal yang harus kamu perhatikan jika kamu menjadi mahasiswa rantau. Yang terpenting adalah kamu wajib untuk jaga diri dan selalu membangun komunikasi yang baik dengan orangtua. Jadi gitu deh guys 5 tips kehidupan mahasiswa rantau.  Gak ada yang sulit kok asalkan ada kemauan dari dirimu. Semangat ya!